Mahasisa KKN Unsoed Bantu Diversifikasi Pertanian di Desa Jembangan

    Mahasisa KKN Unsoed Bantu Diversifikasi Pertanian di Desa Jembangan
    Diversifikasi : Mahasiswa KKN Unsoed saat membantu mengembangkan diversifikasi pertanian di Desa Jembangan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjaranegara. (Foto : Istimewa)

    Banjaranegara – Mahasiswa Unsoed yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jembangan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjaranegara, melakukan program kerja dalam membantu mengembangkan diversifikasi pertanian desa tersebut yakni praktik memvariasikan produk pertanian agar terhindar dari risiko gagal panen. 

    Desa Jembangan merupakan desa binaan kampus yang memiliki potensi pertanian dengan salah satu komoditasnya adalah pepaya. 

    Mahasiswa KKN Unsoed bersama Kepala Desa tersebut membuat diversifikasi pertanian dengan melaksanakan program kerja penanaman bibit pepaya varietas unggul bekerja sama dengan Pemerintah Desa Jembangan, Kamis, (4/8/2022).

    Kegiatan yang dilakukan diantaranya melakukan pendampingan dari proses awal penyiapan lahan, pembuatan pupuk organik, penanaman sampai dengan pemeliharaan.

    Menurut Muhammad Ihsan Fajri, selaku koordinator mahasiswa Desa Jembangan tersebut diversifikasi pertanian menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan. Dengan bertani pepaya yang merupakan budidaya tanaman yang cepat panen dan mendapatkan keuntungan yang besar tak kalah dengan usaha di bidang lainnya. 

    Hal ini bisa menjadi inspirasi petani pemula yang ingin mendapatkan laba lebih tinggi dalam waktu cepat. Disamping memilih tanaman yang lebih cepat panen, juga  melakukan budidaya dengan tepat seperti tanaman pepaya. “Kami berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini masyarakat desa jadi punya reefrensi dan pilihan jenis tanaman baru untuk lahan pertanian mereka, ” ungkapnya saat dikonfirmasi, Jumat, (5/8/2022)

    Selain bibit pepaya, ada juga pembagian bibit alpukat, jambu biji, durian dan sirsak. Total ada 250 bibit yang disiapkam untuk disebar ke masyarakat desa.

    Menanggapi hal tersebut, Diyono, selaku Kepala Desa Jembangan mengapresiasi upaya yang dilakukan mahasiswa KKN Unsoed dan berharap kegiatan ini menjadi kolaborasi yang baik antar mahasiswa KKN, Pemerintah Desa Jembangan dan masyarakat desanya yang sebagaian besar berprofesi sebagai petani.

    “Terima kasih kepada tim KKN Unsoed sudah bisa bekerja sama dengan pemerintah desa dalam program diversifikasi pertanian, harapannya bisa terjadi sharing ilmu dan pengalaman. Semoga kegiatan ini berdampak baik bagi masyarakat dan tim KKN juga mendapatkan pengalaman yang baik untuk bekal saat lulus nanti, ” pungkasnya. (SF)

    jawa tengah purbalingga
    Satria Ferry

    Satria Ferry

    Artikel Sebelumnya

    Dekatkan Pelayanan kepada Masyarakat, Wamenkumham...

    Artikel Berikutnya

    Kemenkumham Gelar Menkumham Cup 2022, Asah...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60: Rutan Blora Gelar Pembersihan MCK dan Drainase
    Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar Anggarkan Dana 500 Jutaan Lebih
    Komitmen Kemanusiaan: Rutan Blora Gelar Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60
    Dandim 0706/Temanggung Hadiri Pembukaan Manasik Haji Tahun 2024 Tingkat Kabupaten
    Diduga Langgar Pasal 303, Seorang Pria Ditangkap Polisi di Pos Ronda

    Ikuti Kami