Kemenkumhan Jateng Catat Rekor Sejarah, Lantik Notaris Terbanyak

    Kemenkumhan Jateng Catat Rekor Sejarah, Lantik Notaris Terbanyak
    A. Yuspahruddin Kepala Kantor Kemenkumhan Jawa Tengah

    SEMARANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah kembali menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Notaris, Hal ini menjadi yang pertama setelah vakum selama satu tahun lebih karena Pandemi Covid-19. Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum sebagai otoritas yang berwenang terkait Kenotariatan, baru saja membuka kembali pendaftaran dan pelatihan untuk menjadi seorang Notaris, Selasa (30/11/2021).

    Kegiatan kali ini tercatat sebagai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Jateng. Bahkan untuk mengakomodir peserta yang ada, Kanwil Kemenkumham Jateng harus memindahkan tempat pelaksanaan yang biasanya berlangsung di aula Kanwil ke Ballroom Hotel Metro Semarang.

    Tercatat ada 260 Notaris baru yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng,  A Yuspahruddin. Plus satu orang Notaris yang dilantik sehubungan dengan perpindahan wilayah kerja. Jumlah tersebut belum ditambah 27 orang Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris yang juga dilantik dan diambil sumpah pada waktu dan tempat yang sama.

    Hal itu mendapatkan perhatian khusus Kakanwil Yuspahruddin sampai berkelakar ingin mendaftarkan kegiatan tersebut ke dalam Museum Rekor Indonesia.

    "Mungkin saya perlu sampaikan ke panitia pelantikan,  ini mungkin dilaporkan ke Museum Rekor Indonesia supaya dilaporkan ke Jaya Suprana, Saya ngeri sekali ini ada 280 sekian, mungkin untuk pelantikan Notaris se-Indonesia, mungkin ini yang paling banyak", ungkapnya. 

    Kakanwil juga berperan agar semua peserta dapat menjalankan tugasnya segera dengan baik dan sesuai peraturan.

    "Segera dapat melaksanakan tugasnya paling lambat 60 hari terhitung dari sejak tanggal pelantikan pengambilan sumpah atau janji ini, Segera menjalankan jabatannya dengan nyata. Kemudian menyampaikan Berita Acara Sumpah Janji Jabatan Notaris kepada Menteri, Organisasi Notaris dan Majelis Pengawas Daerah, serta menyampaikan dan mempersiapkan alamat kantor dan contoh tanda tangan", ujarnya.

    Adapun sebelumnya pelantikan dan pengambilan sumpah ini, jumlah Notaris yang tercatat di wilayah Jawa Tengah sebanyak 1991 orang. Hadir pada acara tersebut, Kepala Divisi Administrasi, Jusman, Kepala Divisi Keimigrasian, Santosa dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi. Tampak juga Ketua dan Pengurus Ikatan Notaris Indonesia Wilayah Jawa Tengah.

    (JiS: N.SoN/***)

    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    Polda Jateng Ungkap Kasus Penipuan Dengan...

    Artikel Berikutnya

    Satgas Madago Raya tembus Tamanjeka untuk...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Komplotan Oknum Koruptor di PWI Segera Dilaporkan ke APH, Wilson Lalengke Minta Hendry dan Sayid Dicekal
    Kapolresta Magelang Tegaskan Pendaftaran Polri Tidak Dipungut Biaya
    Satu WBP Tamping Gereja Lapas Permisan Dapatkan Pembebasan Bersyarat
    Lapas Permisan Laksanakan Penyuluhan Kesehatan sebagai Rangkaian Peringatan HBP ke-60
    Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto lakukan Supervisi terkait Garam Jetis

    Ikuti Kami