Kakanwil Kemenkumhan Jateng: Membuat Perseroan Perorangan Mudah Murah dan Cepat

Kakanwil Kemenkumhan Jateng: Membuat Perseroan Perorangan Mudah Murah dan Cepat
Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Jawa Tengah A Yuspahruddin

SEMARANG - Pelaku Usaha Mikro dan Kecil, saat ini lebih mudah untuk memperoleh legalitas Badan Hukum untuk usahanya. Kementerian Hukum dan HAM telah menyediakan fasilitas pendaftaran Perseroan Perorangan yang diklaim lebih simpel daripada membuat Perseroan Terbatas.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah A Yuspahruddin sebelum membuka kegiatan Sosialisasi Perseroan Perorangan yang digelar di Golden City Hotel and Convention Center Semarang, Kamis (18/11/2021).

Menurut Kakanwil Undang - Undang Cipta Kerja mengubah rezim pengesahan menjadi rezim pendaftaran, termasuk bagi Perseroan Perorangan. 

"Status badan hukum Perseroan Perorangan diperoleh setelah mendaftarkan pernyataan pendirian secara elektronik dan memperoleh tanda bukti pendaftaran, pelaku usaha yang mendirikan Perseroan Perorangan juga dibebaskan dari kewajiban untuk mengumumkan dalam Tambahan Berita Negara sebagai bentuk penyederhanaan birokrasi. Pendaftaran pendirian perseroan perorangan untuk usaha mikro dan kecil sangat mudah, murah dan cepat", Ungkapnya. 

Kakanwil menambahkan, Kementerian Hukum dan HAM RI telah menyempurnakan pendaftaran secara online pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI melalui laman ahu.go.id.

"Membuat Perseroan Perorangan artinya memberikan kemudahan bagi orang perorang mendirikan perusahaan. Dengan demikian karena sudah menjadi perusahaan, dia sudah mendapatkan sertifikat Perseroan Perorangan maka dia juga punya akses ke perbankan, Jadi dia bisa menerbitkan sertifikat itu untuk meminjam modal. Di jawa tengah sudah ada 3.000 lebih usaha mikro kecil dan itu sudah berjalan. Kebetulan Pemerintah Kota Semarang sudah memberikan bantuan-bantuan dana pinjaman, " ujarnya. 

Lebih lanjut, secara teknis mendaftarkan secara online pada ahu.go.id. Mendaftarkan dengan KTP di scan, dengan NPWP. Setelah itu nanti dibuat pernyataan bahwa dia mempunyai usaha kemudian membayar 50.000 untuk pendaftaran itu. Nanti dia dapat sertifikat. Itu berbadan hukum tetapi dia tidak memerlukan akta Notaris, hanya bawa KTP, bawa NPWP daftarkan secara online pada Direktorat Jenderal AHU melalui ahu.go.id.

Sosialisasi diikuti oleh 150 orang peserta yang datang kalangan Notaris, Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kota Semarang, Pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang serta Pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

Dengan mengundang narasumber, Direktur Teknologi Informasi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Penyuluh Pajak Ahli Madya Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I, Kepala Seksi PT Terbuka Lembaga Keuangan dan Penanaman Modal Direktorat Perdata Dirjen AHU serta Kepala Bidang Penyelenggaraan Layanan Perizinan II Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang.

(JiS: N.SoN)

Narsono Son

Narsono Son

Previous Article

Kemenkumhan Jawa Tengah Siap Sinergitas...

Next Article

Virall.!! Reza Gadis Dari Jeneponto Bersuara...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 69

Postingan Tahun ini: 151

Registered: May 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 61

Postingan Tahun ini: 174

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 56

Postingan Tahun ini: 498

Registered: Aug 19, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 44

Postingan Tahun ini: 115

Registered: Nov 23, 2021

Profle

Narsono Son

Dua Hari Hujan Terus  Guyur Kota  Pangkep, Sejumlah Tempat Alami Banjir
Hari AIDS Sedunia, Bupati Sukabumi Ajak Kuatkan Sinergitas dan Kolaborasi Cegah dan Kendalikan HIV AIDS
Berjejer Karangan Bunga Ucapan Selamat, Bejo Adiantoro: Forum Kades sudah melukai Pers Nasional
Diklat Anggota Satlinmas di Wilayah Kecamatan Pengadegan

Follow Us

Recommended Posts

Pandemi COVID-19 Belum Berakhir, Polres Pekalongan Rutin Disiplinkan Prokes
Terbungkus Selimut Ungu, Bayi Laki-laki Ditemukan Warga Negaradaha Brebes di Pinggir Jalan
Hari Juang Kartika 2021, Koramil 02/Limpung Gelar Bhakti Sosial KB Kesehatan Gratis
Dengan Bermain Catur , Cara Babinsa Dekat Dengan warga Binaan
Danramil Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Di Puskesmas Tersono